Berlangganan:

Rabu, 31 Oktober 2012

Semangat Baru Perusahaan Listrik Negara


                Mungkin tanggal 28 Oktober hari yang tidak asing bagi kita, yang dimana di hari itu seluruh rakyat Indonesia merayakan hari Sumpah pemuda. Hari penting yang merupakan tonggak semangat nasionlis merakyat Indonesia pada umumnya dan para pemuda khususnya. Tapi, ternyata pada tanggal 27 Oktober 2012 yang bertepatan dengan Hari Raya Idhul Adha ini sebuah Perusahaan milik Negara merayakan hari ulang tahunnya yang ke-67, sekaligus memperingati hari listrik nasional. Perusahaan yang dimaksud adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN).
            Perusahaan listrik Negara (PLN), merupakan salah satu badan usaha milik negara yang lahir pada tanggal 27 Oktober 1945. Kelistrikan di Indonesia sebenarnya dimulai dengan adanya perusahaan Belanda yang bernama S’ Landswaterkracht-Bedrijven (LWB; Perusahaan Negara Tenaga Listrik) tapi diambil alih pemerintah Indonesia pada tahun 1945.Di tengah kariernya selama 67 memberikan pelayanan listrik kepada seluruh rakyat Indonesia pasti ada suka maupun duka, hambatan dan kesulitan untuk memberikan pelayan yang terbaik.Begitu juga, PLN rayon Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.
           
PLN Rayon Pangkalan Bun yang memiliki karyawan sebanyak 50 orang Ini telah melayani Kabupaten kotawaringin Barat dengan sangat baik sehingga elektrifikasinya mencapai 80%. Hanya sebagian kecil desa di daerah kumai dan daerah terpencil saja yang belum teraliri listrik, itupun memang karena kendala topologi daerahnya yang kurang mendukung, jelas Matenu, Manager PLN rayon Pangkalan Bun. Bapak tiga anak ini juga menjelaskan bahwa tidak mudah untuk merawat tiang listik yang merupakan perantara pengalirl istik, karenal istik bisa terhenti akibat dari tumbangnya pohon karena angin kencang. Maka dari itu PLN selalu berusaha merawat pohon yang berada di sekitar tiang listrik.
            Hal yang lumrah bagi sebuah perangkat listrik, bila meinginkankan perangkat listrik itu awet maka perlu dirawat. Maka dari itulah petugas PLN melakukan pemiliharaan terhadap perangkat listrik dengan tujuan untuk mengamankan lingkungan serta memperpanjang umur perawatan, Jelas Matenu. Manager PLN rayon Pangkalan Bun yang ternyata baru menduduki jabatannya pada bulan Mei sebagai Manager di PLN Pangkalan Bun setelah menggantikan manager sebelumnya ini juga menjelaskan untuk mendukung pasokan listrik di daerah Pangkalan Bun, PLN didukung oleh berbagai pembangkit listrik yang tersebar di berbagai daerah diantaranya PLTU di Kuala Pembuang dan PLTD yang tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kotawaringin Barat.
Matenu, Manager PLN rayon Pangkalan Bun
Add caption
            Di setiap suatu instansi pasti ada target instansi tersebut untuk kedepannya, sama halnyadengan PLN, dalam jangka panjang target PLN ialah supaya seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati listrik baik dari kota ataupun desa. Dan di Hari Listrik nasional inilah tonggak semangat PLN untuk terus berkembang menjadi yang terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia.


            Jayalah selalu Perusahaan Listrik Negara…

0 komentar:

Posting Komentar